Berjaga-jaga Senantiasa

Bacaan hari ini: Lukas 21:25-38 | Bacaan setahun: Hakim-Hakim 1-3, Kisah Para Rasul 6



“Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.” (Lukas 21:34)

Pada 31 Januari 2020 lalu, dunia dikagetkan dengan berita tentang wabah virus Corona di provinsi Hubei, China. Belakangan diketahui, virus ini telah menyebar ke berbagai negara. Berita ini membuat seluruh dunia berjaga-jaga dan waspada dalam mengantisipasi virus yang mematikan ini. Tindakan berjaga-jaga ini bersifat urgensi, tidak bisa ditunda, harus segera dilakukan demi keselamatan umat manusia di dunia.

Tuhan juga memberikan sebuah perintah yang urgen, yaitu menjaga diri sebagai orang percaya. Tindakan menjaga diri adalah sebuah tindakan yang harus segera dilakukan, dan selalu dilakukan sampai kedatangan Kristus yang kedua kalinya. Saat Tuhan Yesus berkata: “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan…” ini berarti Tuhan Yesus meminta setiap kita mengalihkan pikiran dan perhatian terus- menerus dari hal-hal duniawi kepada hal-hal sorgawi. Dari kesenangan dunia yang penuh dengan hawa nafsu dan dosa, kepada mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya (Mat. 6:33). Mengalihkan pikiran kepada hal-hal sorgawi berarti memusatkan perhatian kepada Tuhan. Pada saat hati kita dipenuhi oleh Tuhan dan kerinduan akan Tuhan, maka hati kita tidak akan dipenuhi oleh kerinduan akan hal yang lain, yaitu hal-hal duniawi.

Secara praktis, menjaga diri dan hati di hadapan Tuhan mencakup menyediakan diri untuk mendengar suara Tuhan lewat perenungan firman- Nya, menggumulkan firman yang dibaca, serta mencari apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Tahun ini program GKA Gloria adalah: 1 orang jemaat, bawa 1 jiwa. Kita sebagai jemaat Gloria, mendoakan orang yang belum percaya/yang terhilang, dan sungguh-sungguh mengajaknya untuk kembali kepada Tuhan; ini pun adalah suatu tindakan berjaga-jaga di hadapan Tuhan. Mari sebagai jemaat Gloria, kita berjanji mau menjaga diri agar hati kita hanya tertuju kepada Tuhan dan mengikuti apa yang menjadi kehendak-Nya dalam hidup ini.

STUDI PRIBADI :
(1) Adakah keinginan-keinginan duniawi yang masih melekat pada diri kita yang menjauhkan diri kita dari Tuhan?
(2) Bagaimanakah setiap kita menghadapi keinginan-keingain tersebut, agar hati kita tetap tertuju dan terfokus hanya kepada Tuhan, sebagai tindakan berjaga-jaga di hadapan Tuhan?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan, agar senantiasa berjaga-jaga dan selalu waspada dalam menjaga diri dan hati dalam menantikan kedatangan Kristus yang kedua kalinya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *