Diberitahu Untuk Dipersiapkan

Bacaan hari ini: Lukas 21:7-24 | Bacaan setahun: Yosua 22-24, Kisah Para Rasul 5



“Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidup.” (Lukas 21:19)

Teologi kemakmuran merupakan wabah yang dibawa oleh gerakan karismatik yaitu aliran neo-pentakostal. Pengajaran ini mengajarkan bahwa kemakmuran secara materi dijadikan tanda penyertaan Tuhan bagi mereka yang percaya kepada Allah. Tentu hal ini bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh keseluruhan Alkitab. John Piper menyebut bahwa Alkitab penuh dengan ajaran bahwa kehidupan adalah penderitaan sesaat. Kesengsaraan ringan dan sementara ini ada dan bekerja bagi kita untuk kemuliaan kekal yang melampaui semua perbandingannya.

Di dalam perenungan hari ini Tuhan Yesus baru saja memberitahukan bahwa bangunan Bait Allah yang dipandang begitu indah dan dikagumi, kelak akan hancur. Dengan rasa penasaran, para murid bertanya kepada-Nya. Kemudian Yesus memberitahu mereka bahwa akan ada guru-guru palsu, oleh sebab itu mereka harus siap sedia agar tidak disesatkan oleh pengajaran sesat itu; Yesus juga memberitahukan adanya peperangan, pemberontakan, bencana alam yang dahsyat dan berbagai penderitaan, bahkan mereka akan ditangkap dan dianiaya. Demikian juga diberitahukan kepada para murid-Nya bahwa ketika semua hal itu terjadi, bersiaplah untuk menggunakan kesempatan itu untuk bersaksi.

Dilanjutkan tentang keruntuhan Yerusalem yang merupakan tantangan besar yang akan terjadi. Yesus telah memberitahukan kepada para murid-Nya mengenai hal-hal tersebut, bukan sebagai ajang untuk menakut-nakuti mereka. Ini adalah cara Yesus mempersiapkan para murid menghadapi tantangan ketika mereka hidup sebagai saksi Kristus untuk dapat bertahan sampai akhir.

Hari ini, Allah memberitahukan mengenai suatu tantangan yang akan kita hadapi. Allah ingin mempersiapkan kita untuk melewati tantangan itu. Allah tahu siapa kita dan Allah mau kita mendengarkan dan mengandalkan Dia. Tuhan Yesus memberitahukan agar kita pun mempersiapkan diri untuk tetap bertahan sembari menantikan Dia, Yesus, Juruselamat dunia.

STUDI PRIBADI : Sikap apakah yang perlu dilakukan oleh setiap orang percaya ketika menghadapi tantangan mengikut Yesus?

Pokok Doa : Berdoalah agar setiap jemaat dapat makin diteguhkan imannya melewati segala situasi selama mengikuti Yesus. Apapun yang terjadi dalam hidup, jemaat Tuhan bersandar senantiasa kepada-Nya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *