Kenalilah Kebenaran Iman

Bacaan hari ini: Lukas 20:27-47 | Bacaan setahun: Yosua 16-18, Kisah Para Rasul 3



“Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar…” (Lukas 20:46)

Ketika akan menempuh perjalanan yang cukup jauh, maka Anda akan mempersiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan. Salah satu yang terpenting adalah peta atau petunjuk arah yang akan membawa Anda sampai kepada tujuan dengan benar. Namun kenyataannya, ada kalanya di tengah perjalanan terjadi beragam hal yang tidak diinginkan, yaitu perubahan atau peralihan jalur, apalagi Anda tidak menguasai jalur tersebut. Bagaimana sikap Anda? Jangan takut! Selama Anda mengikuti petunjuk arah yang benar, Anda tidak akan tersesatkan! Demikianlah halnya dengan perjalanan kehidupan iman kita, selama kita mengenal kebenaran iman Kristen dan hidup setia kepadanya, Anda tidak akan tersesatkan.

Dalam perikop yang kita baca pada hari ini, kita diajar untuk mengenal kebenaran tentang Kristus dan kebenaran pengajaran-Nya. Kita dapati bahwa orang Saduki tidak percaya kebangkitan orang mati, tetapi Yesus memberikan penjelasan, bahwa ada kebangkitan orang mati, dan mereka yang dibangkitkan akan hidup dalam keadaan seperti para malaikat, tidak kawin dan dikawinkan. Ahli Taurat atau orang Farisi menyetujui jawaban Yesus, sebab mereka percaya kebangkitan (ay. 27-40). Namun sayang, mereka tidak mengenal Yesus Kristus dengan benar. Itu sebabnya Yesus berkata kepada orang banyak, bahwa Mesias adalah Tuhan atas Daud, dimana Mesias juga adalah keuturunan Daud (ay. 41-44). Maka kepada para murid, Yesus mengingatkan agar mereka waspada terhadap ahli-ahli Taurat yang seringkali mengelabui mata orang dan membuat mereka tidak mengenal kebenaran Tuhan (ay. 45-47).

Dalam mengikut Tuhan pada masa kini, kitapun perlu berhati-hati terhadap segala pengajaran tentang Dia. Jika kita tidak ingin jatuh tersesat, maka kita harus mengenal Dia dan ajaran-Nya dengan benar. Karena itu, marilah kita menuntut diri belajar kebenaran iman Kristen dengan bertanggung jawab, agar kita dapat membedakan jalan yang benar dari jalan yang sesat!

STUDI PRIBADI :
(1) Bagaimana pemikiran orang Saduki tentang kebangkitan orang mati?
(2) Mengapa mereka bertanya kepada Yesus tentang hal ini? Siapakah Mesias itu?

Pokok Doa : Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka memiliki kerinduan untuk belajar kebenaran firman Tuhan. Doakanlah pula agar mereka rajin membaca Alkitab yang menjadi penuntun iman mereka. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *