Bukan Utusan Biasa

Bacaan hari ini: Ibrani 1:5-14 | Bacaan setahun: Kejadian 43-45, Matius 18



“Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?” (Ibrani 1:14)

Sampai saat ini, masih ada orang yang menganggap Yesus hanya seorang utusan biasa, layaknya seorang nabi yang diutus oleh Allah. Namun Firman hari ini mengajarkan hal yang luar biasa tentang pribadi Yesus.

Ketika membaca Ibrani 1:5-14, kita melihat bahwa Yesus lebih unggul ketika dibandingkan dengan malaikat. Bagi orang-orang Yahudi, malaikat adalah makhluk supranatural yang diatur oleh Allah dan yang juga diutus ke dunia. Akan tetapi, sebagai makhluk supranatural, malaikat hanyalah ciptaan, sedangkan Yesus adalah Anak Allah yang sehakikat dengan Allah Bapa, Pencipta alam semesta. Bahkan malaikat punya suatu kewajiban untuk menyembah Yesus ketika Yesus di dalam dunia. Walaupun malaikat punya kuasa, ia tidak sebanding dengan kuasa Yesus, sebab Yesus-lah yang memerintah atas Kerajaan Sorga. Ayat 9 menunjukan bahwa Yesus mencintai keadilan dan membenci kefasikan; hal ini tidak mungkin ditemukan pada semua malaikat. Sebab ada beberapa malaikat yang fasik yang mencoba menentang Allah (bdk. Mat. 25:41). Bagian ini menunjukkan kebesaran Yesus melebihi malaikat sebab Yesus adalah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. Semua ciptaan akan lenyap namun Yesus akan terus ada untuk selama-lamanya. Yesus akan terus memerintah sebagai Raja dan tidak satupun yang dapat menandingi-Nya. Sedangkan malaikat hanyalah roh-roh yang melayani Allah. Malaikat hanya utusan yang diperintahkan Allah untuk menolong kita yang telah diselamatkan melalui pengorbanan Yesus, Tuhan kita.

Beritakan kabar baik ini! Bahwa Yesus bukan utusan biasa, melainkan Yesus diutus oleh Bapa untuk menyelamatkan manusia berdosa. Ingat jika malaikat saja diperintahkan untuk menyembah Dia, siapakah kita yang hanya diciptakan dari debu dan tanah? Kitalah utusan biasa yang diutus oleh Allah yang luar biasa untuk memberitakan kebesaran Yesus Kristus, Tuhan kita. Kiranya Tuhan Yesus menyertai setiap kita.

STUDI PRIBADI : Bagaimana cara Anda untuk meyakinkan orang bahwa Yesus bukanlah utusan biasa?

Pokok Doa : Berdoalah agar kita dapat mengenal lebih baik pribadi Yesus yang diutus ke dunia untuk menyelamatkan umat pilihan-Nya. Kiranya Allah mengutus malaikat-Nya untuk melayani setiap kita yang diselamatkan Allah.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *