Siapa Yang Diselamatkan

Bacaan hari ini: Lukas 13:22-35 | Bacaan setahun: Ulangan 15-16, Yohanes 8



“Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?” (Lukas 13:23)

Dalam perjalanan Yesus menuju ke Yerusalem, ada pertanyaan yang ditujukan kepada Yesus. Sebuah pertanyaan teologis tentang keselamatan (13:23). Pertanyaan tentang keselamatan ini juga sering kita dengar, baik itu pertanyaan yang ditujukan langsung kepada kita, atau mungkin kita pernah membacanya di buku maupun sosial media. Contoh pertanyaan yang sering kita temui yaitu, “Agama mana yang benar, atau Tuhan dari agama mana yang menyelamatkan?”

Menanggapi pertanyaan yang ditujukan kepada-Nya, Yesus berkata kepada orang-orang di sana, “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.” Jawaban Yesus ini (ayat 24) tidak menekankan “berapa banyaknya”, tetapi “siapa” yang diselamatkan. Yakni mereka yang terus berjuang untuk hidup di dalam Kristus dan yang mengakui Dia sebagai Juruselamat. Maka, selagi masih ada kesempatan, berjuanglah untuk tetap percaya kepada Dia sebagai Juruselamat, sebelum terlambat.

Ayat 25 memberikan penjelasan bahwa ketika tuan rumah sudah menutup pintu, maka tidak ada orang yang bisa masuk. Yang dimaksudkan dengan penjaga pintu di sini adalah Kristus, yang menentukan siapa yang dapat masuk ke rumah itu (mereka yang percaya dan mengakui Dia sebagai Juruselamat). Sedangkan mereka yang tidak percaya kepada tuan rumah (Yesus Kristus), mereka tidak akan diterima di rumah itu. Mereka mengalami penolakan dan mereka akan tinggal di sebuah tempat yang penuh dengan penderitaan; di sana terdapat ratap dan gertak gigi.
Sebagai manusia yang sudah diselamatkan oleh Kristus, kita harus terus berjuang untuk hidup di dalam Kristus. Jangan ada hal-hal duniawi yang membuat kita meninggalkan Kristus, karena orang yang hidup di luar Kristus akan mengalami penolakan dan penderitaan selamanya.

STUDI PRIBADI : Apakah kita sudah benar-benar percaya Yesus sebagai Juruselamat kita, satu-satunya ?

Pokok Doa : Berdoa untuk jemaat Tuhan supaya mereka tetap hidup di dalam Kristus dan juga berdoa bagi keluarga, sanak-saudara, dan teman-teman yang belum percaya Kristus sebagai Juruselamat. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *