Filipus dan Pejabat Etiopia

“Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya.” (KPR 8:35)



Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 8:35 | Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 8:26-40

Bila kita mau hidup seturut dengan kehendak Allah, kita harus mulai mendisiplin diri kita untuk memberitakan Injil. Beberapa hal memang menyebabkan kita enggan berbicara mengenai Tuhan Yesus, semisal malu, takut, tidak mengerti apa yang harus disampaikan, atau juga menganggap bahwa memberitakan Injil itu panggilan khusus para hamba Tuhan atau misionaris. Meski demikian, penyebab utama kita enggan bersaksi tentang Tuhan Yesus adalah karena kita tidak mendisplin diri dalam melakukannya.

Filipus adalah seorang penginjil. Roh Kudus memerintahkannya pergi menurut jalan yang turun dari Yerusalem menuju ke Gaza. Di sana, Filipus berjumpa seorang pejabat Etiopia yang baru saja pulang dari beribadah di Yerusalem. Pejabat itu adalah pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia. Saat itu, Filipus mendengar pejabat tersebut sedang membaca Kitab Yesaya. Menangkap ada kesempatan yang baik, Filipus lantas memberitakan tentang Tuhan Yesus. Filipus duduk bersama dan mulai menjelaskan nubuat dalam Kitab Yesaya, yang merujuk kepada Tuhan Yesus; Kristus adalah pemenuhan nubuat kitab Yesaya; dan Filipus menyampaikan pesan bahwa Kristus lah Juruselamat, Penebus dosa.

Pembacaan Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa panggilan memberitakan keselamatan di dalam Yesus Kristus adalah panggilan setiap kita orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Metode atau caranya bisa berbeda, tetapi pesannya harus sama yaitu agar setiap orang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus, menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat satu-satunya. Pengabaran Injil harus dilakukan dalam kuasa Roh Kudus. Roh Kuduslah yang akan memampukan, menuntun dan membimbing kita untuk memberitakan Injil. Sejak Roh Kudus berdiam dalam diri kita, maka sejak itu lah Roh Kudus memberi kita kuasa untuk bersaksi tentang Tuhan Yesus. Tuhan menghendaki setiap orang Kristen bersaksi tentang Tuhan Yesus kepada orang yang belum percaya. Jangan takut karena ada kuasa Roh Kudus untuk melakukannya.

STUDI PRIBADI: Apakah yang kita ketahui tentang Pengabaran Injil? Dan dengan kuasa apa Pengabaran Injil dilakukan?

Pokok Doa: Berdoalah agar setiap orang yang telah percaya kepada Tuhan Yesus sungguh-sungguh menjalankan panggilannya untuk memberitakan Injil.

Sharing Is Caring :

×

Kisah Para Rasul 8 : 26-40

Sida-sida dari tanah Etiopia

26 Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.

27 Lalu berangkatlah Filipus. Adalah seorang Etiopia, seorang sida-sida, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah.

28 Sekarang orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab nabi Yesaya.

29 Lalu kata Roh kepada Filipus: "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!"

30 Filipus segera ke situ dan mendengar sida-sida itu sedang membaca kitab nabi Yesaya. Kata Filipus: "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?"

31 Jawabnya: "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?" Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya.

32 Nas yang dibacanya itu berbunyi seperti berikut: Seperti seekor domba Ia dibawa ke pembantaian; dan seperti anak domba yang kelu di depan orang yang menggunting bulunya, demikianlah Ia tidak membuka mulut-Nya.

33 Dalam kehinaan-Nya berlangsunglah hukuman-Nya; siapakah yang akan menceriterakan asal-usul-Nya? Sebab nyawa-Nya diambil dari bumi.

34 Maka kata sida-sida itu kepada Filipus: "Aku bertanya kepadamu, tentang siapakah nabi berkata demikian? Tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain?"

35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya.

36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?"

37 (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.")

38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.

39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.

40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.

×

Kisah Para Rasul 6 : 8-15

Tuduhan terhadap Stefanus

8 Dan Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak.

9 Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini--anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria--bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang-orang itu bersoal jawab dengan Stefanus,

10 tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara.

11 Lalu mereka menghasut beberapa orang untuk mengatakan: "Kami telah mendengar dia mengucapkan kata-kata hujat terhadap Musa dan Allah."

12 Dengan jalan demikian mereka mengadakan suatu gerakan di antara orang banyak serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat; mereka menyergap Stefanus, menyeretnya dan membawanya ke hadapan Mahkamah Agama.

13 Lalu mereka memajukan saksi-saksi palsu yang berkata: "Orang ini terus-menerus mengucapkan perkataan yang menghina tempat kudus ini dan hukum Taurat,

14 sebab kami telah mendengar dia mengatakan, bahwa Yesus, orang Nazaret itu, akan merubuhkan tempat ini dan mengubah adat istiadat yang diwariskan oleh Musa kepada kita."

15 Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat.

×

Kisah Para Rasul 4 : 31

31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

×

1 Korintus 15 : 4

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

×

Kisah Para Rasul 2 : 34a

34a Sebab bukan Daud yang naik ke sorga,

×

Kisah Para Rasul 2 : 34b

34b malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *