Ananias Dan Safira

“Tetapi Petrus berkata: Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?” (KPR 5:3)



Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 5:4 | Ayat Bacaan: Kisah Para Rasul 5:1-11

Di tengah masyarakat yang penuh persaingan maka setiap kita perlu belajar untuk memiliki reputasi yang baik. Sebab apabila reputasi kita tidak baik maka akan ada banyak penolakan akan kita alami. Oleh sebab itu, reputasi seseorang menjadi salah satu faktor penting untuk mengembangkan diri di tengah kondisi saat ini.

Dalam Kisah Para Rasul, ada beberapa kali muncul orang bernama Ananias. Ananias sendiri memiliki arti “Allah telah memberikan, atau Allah rahmani”; sungguh indah bukan, maka tidak heran sering dipakai sebagai nama oleh orang Yahudi pada waktu itu. Oleh sebab itu, peristiwa Ananias dan Safira sangat mengagetkan para murid Tuhan pada waktu itu. Karena tidak ada yang menyangka bahwa Tuhan memberikan hukuman seketika bagi Ananias dan Safira, setelah mereka mendustai Roh Kudus. Bagian ini hendak mengingatkan para pembacanya bahwa manusia yang melanggar kekudusan Tuhan, memang akan mendapat hukuman. Bagi Tuhan, dosa manusia tidaklah dapat dikompromikan dengan kekudusan-Nya. Manusia yang hanya mencari nama dan keuntungan sendiri, akan beroleh hukuman dari Tuhan. Dan itu terjadi dalam peristiwa Ananias dan Safira, pasangan suami-istri yang sepakat untuk mendustai Roh Kudus. Dan Rasul Petrus mengatakan bahwa mereka itu “hatinya dikuasai oleh Iblis.” Oleh sebab itu, hukuman Tuhan yang dijatuhkan kepada Ananias dan Safira ini menjadi sebuah peringatan bagi jemaat Tuhan lainnya. Di mata Tuhan, kesalahan yang dilakukan Ananias dan Safira, telah menodai ketulusan dalam saling mengasihi dan memberi dalam kehidupan jemaat mula-mula. Ananias dan Safira telah memberi dengan motivasi yang salah, yaitu agar dipuji dan dihormati sebagai umat yang saleh.

Alkitab telah memberikan kita contoh dan peringatan, setiap dosa akan mendatangkan murka Allah atas kita. Di tengah dunia yang penuh dengan dusta, mari berjuang untuk hidup benar di hadapan Allah. Lakukan segala sesuatu dengan motivasi yang benar dan penuh kasih sehingga kita akan beroleh reputasi yang baik dalam pandangan Allah dan sesama kita.

STUDI PRIBADI: Mengapa Allah menghukum Ananias & Safira? Sebagai murid Kristus, apa yang harus kita lakukan dan perhatikandalam hal memberi persembahan kepada Tuhan?

Pokok Doa: Berdoa bagi umat Tuhan agar memiliki motivasi yang benar dalam memberi persembahan bagi Tuhan. Berdoa, Gereja Tuhan mengembangkan kehidupan yang saling memberi dan mengasihi diantara umat Tuhan.

Sharing Is Caring :

×

Kisah Para Rasul 5 : 4

4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

×

Kisah Para Rasul 5 : 1-11

Ananias dan Safira

1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.

2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?

4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.

6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya.

7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi.

8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian."

9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.

11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.

×

Kisah Para Rasul 4 : 31

31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

×

1 Korintus 15 : 4

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

×

Kisah Para Rasul 2 : 34a

34a Sebab bukan Daud yang naik ke sorga,

×

Kisah Para Rasul 2 : 34b

34b malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *